Tips menghilangkan/meminimalisir rasa rindu kepada orang lain-terutama lawan jenis

Mungkin sedikit aneh membaca judul postingan ini. Mungkin juga sebagian akan menganggap ini postingan apaan, atau berfikir ini gak bermanfaat. Tapi sungguh, aku hanya ingin menolong diriku dan mereka yang merasa butuh ini.

Ini adalah  tips berdasar perenunganku dan dari beberapa sumber. Berikut tipsnya.

1. Cintailah Allah dan RasulNya melebihi apapun.
Cintailah dengan sejujurnya dan dengan tulus. Memang mungkin kelihatan agak sulit, karena itu mohonlah kepada Allah untuk memberikan kepadamu kecintaan kepadaNya dan kecintaan terhadap sunnah nabiNya. Dengan mencintai Allah dan RasulNya sebagai cinta tertinggi, maka semakin lama rasa rindu kepada lawan jenis itu teralihkan dengan cinta kepada Allah. Imam Ibnu Qayyim dalam bukunya Raudhatul Muhibbin (taman orang-orang jatuh cinta) menuliskan sebuah sya'ir indah.
Tak ada dua cinta dalam satu hati
Sebagaimana tak ada dua sesembahan di atas langit
 Rasulullah pernah ditanya seorang arab badui, "Wahai Rasulullah, kapan kiamat datang?"
Beliau menjawab, "Apa yang kamu persiapkan untuk menghadapinya?"
Orang itu menjawab, "Cinta kepada Allah dan RasulNya."
Beliau menjawab, "Kalau begitu kau akan bersama orang yang kau cintai." (Muttafaqun 'alaih)
Lihatlah para shahabat nabi, yang begitu mencintai Allah dan nabiNya, sampai-sampai mereka rela mengorbankan harta, jiwa, dan raganya demi yang dicintainya (Allah dan RasulNya).

2. Beribadahlah, ingatlah Allah.
Dalam Al Qur'an pun disebutkan bahwa dengan berdzikir mengingat Allah, hati akan tenang. Karena itu, sibukkan diri dengan amal-amal baik, sehingga perhatianmu akan teralihkan dari memikirkan orang lain kepada Allah. Nikmatilah setiap detik ibadahmu, nikmatilah setiap detik kedekatanmu kepada Sang Pencipta.

3. Ingatlah nikmat yang telah diberikanNya, dan bandingkan dengan orang yang kamu rindu kepadanya.
Lebih banyak mana yang diberikan kepadamu, antara nikmat Allah dengan perhatian orang yang kamu rindukan. Tentu jawabannya nikmat Allah. Tak ada yang dapat menandingi nikmat pemberian Allah. Dia lah Ar Rahman, yang terkadang tanpa diminta pun, Ia memberikan kenikmatan kepada kita. Namun terkadang, kita sering lupa akan nikmat yang diberikanNya dan lebih sibuk memikirkan orang lain, yang bahkan mungkin-sebenarnya-tak begitu banyak memberi pada hidup kita.

4. Carilah ilmu.
Bukan saja sampai ke negeri Cina, namun sampai maut datang mengantarmu menuju kepadaNya. Sibukkan dirimu dengan menuntut ilmu, terutama ilmu yang kau sukai. Sehingga pikiranmu teralihkan kepada ilmu. Ingatlah, kesungguhanmu dalam menuntut ilmu adalah baktimu kepada orang tuamu. Karena itu, jangan kecewakan mereka dengan menyia-nyiakan amanah mereka.

5. Beristighfarlah.
Mungkin saja rasa yang ada di hatimu itu berasal dari godaan detan. Maka perbanyaklah istighfar.

6. Jika ternyata kau menyukainya, atau malah mencintainya (bagaimana bisa?), sadarilah.
Apa yang membuatmu begitu, apa yang membuatnya menarik hatimu. Katakan pada dirimu sendiri, Aku mencintaimu karena agama yang ada pada dirimu, jika kau hilangkan agama itu dari dirimu, maka hilanglah cintaku padamu.

7. Bersabarlah.
Insya Allah, dengan kesabaran itu, suatu saat Allah akan memenangkanmu.

Ini saja sedikit yang bisa kubagi, semoga bermanfaat. Afwan.

4 komentar :

Anonim mengatakan... 27 April 2012 pukul 16.55
fighting ya!!
semoga dengan menulis ini, dirimu bnar2 tertolong
Ya...
Ngmmg2 ni siapa ya?
Anonim mengatakan... 27 April 2012 pukul 16.55
fighting ya!!
semoga dengan menulis ini, dirimu bnar2 tertolong
praktiknya tetep susah mud, dalam kehidupan nyata.

Posting Komentar

Cancel Reply