The Sacred Promise

Sebuah ikatan yang takkan pernah terlepas, lebih kuat dari ikatan rantai adalah ikatan kepentingan. Ikatan ini tercipta karena kesamaan kepentingan antarindividu. Maka tak heran jika ini sangat kuat bahkan bisa membenrangus apapun yang menghalanginya untuk mencapai tujuan bersamanya. Namun ikatan yang lebih kuat dari itu adalah ikatan golongan. Ikatan ini melebihi ikatan kepentingan. Jika ikatan kepentingan selesai saat kepentingan juga selesai, beda dengan ikatan golongan. Ikatan ini lebih kuat karena tercipta dari kesamaan golongan. Golongan adalah sekumpulan manusia yang memiliki kesamaan tertentu, entah fisik, karakteristik, asal, suku, bahasa, bangsa, atau yang lain. Semakin banyak manusia yang memiliki kesamaan, semakin kuat pulalah ikatannya. Bahkan ikatan semacam ini bisa saja mengancam keamanan sekitarnya. Apalagi jika golongan yang dimaksud adalah golongan yang berada dalam garis anarki. Lebih bahaya lagi. Namun, sebahaya-bahayanya golongan ini, takkan mampu memutuskan ikatan ini, yaitu ikatan aqidah. Kesamaan keyakinan biasanya lebih kuat dari apapun, karena apa yang mengikatnya juga tak mudah dihancurkan. Misalnya saja kesamaan aqidah Islam. Tentu ini adalah ikatan yang paling kuat, karena ikatan ini hanya bisa putus jika yang mengikatnya, yaitu Allah juga sirna. Namun, mustahil Allah akan sirna, maka mustahil pula ikatan ini akan putus.

The Sacred Promise, adalah sebuah janji suci peneguhan sebuah ikatan. Apapun ikatan itu, ia akan selalu diikat dengan sumpah untuk setia menjaga ikatan tersebut. Siapa yang tak menjaganya, akan dieliminasi. Dikeluarkan, bahkan dihilangkan dari muka bumi. Namun, terkadang, ia akan membuka 'pintu pertaubatan' untuk kembali mengikat dengannya.

The Sacred Promise, sebuah janji suci. Ia hanya akan hilang saat semua berakhir. Namun, akhir dari keberlangsungan ikatan itu, akan bermuara pada dua, baik dan buruk. Itu saja.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply