Tips Mengatasi Level Sinyal EDGE pada Android

Liat di bagian atas, jaringannya E kan.
Gini kan masalah ente?
Assalamu'alaykum. Halo gan, ini pertama kalinya ane bikin postingan tentang gadget, khususnya Android. Dan ini pertama kalinya juga ane pake bahasa ane-ente-gan, hahahaha...

Oke langsung aja, karena biasanya intro artikel juga gak dibaca kan? Kayak ane...

Sebelumnya ane mau bilang, ini ane lakuin di HP ane, Asus Zenfone 4, jadi kalo semisal ada yang nggak bisa caranya, jangan salahin ane, kali aja emang pengaturan HP-nya beda, heheh...

Cara 1
1. kalo sinyal internet ente tiba-tiba jadi E, kan males banget ya, jangan emosi dulu, sabarrr... Ambil air wudhu, trus pegang HP, baca bismillah...
2. Trus buka atau cari menu phone/callog. Apapun namanya deh, yang jelas itu lho yang buat ngetik nomer HP. Trus pencet *#*#4636#*#*. Awas jangan kebalik-balik, ntar meledak :v
3. Trus masuk ke menu Phone Information atau bahasa Indonesianya Informasi Telepon. Paling atas tuh...
4. Scroll ke bawah, atau gampangannya turunin ke bawah, cari tulisan set preferred network type:.
5. Trus pilih atau ganti jadi WCDMA only.
6. Keluar, keluarrr, keluarrr lu dari situ. Cek, pasti jadi H/H+ lagi.

Cara 2
Ini maksud ane. Network.
1. Ini sebenernya sama kayak cara 1, sama persis, cuma ini biar ngantisipasi ente-ente yang pelupa itu. Buka Play Store, cari di pencarian dengan ngetik nama ane, eh maksud ane network.
2. Ketemu nggak? Gambarnya telepon item ber-background putih. Nggak ngerti background? Push-up lu!! Push-up, cepettt..!!
3. Donlot. kecil itu ukurannya, nggak sampe 1 MB. Nggak tau singkatan MB, MegaByte, ya Allah...
4. Kalo udah di donlot, jangan dihapus, tapi dibuka. Trus ikutin langkah-langkahnya kayak cara 1.

Cara 3
1. Ini cara nggak sengaja ane temukan, trus diperkuat dengan pembacaan ane di sebuah grup HP Android. jadi yakin deh ane. Tapi syaratnya SIM card ente harus ada dua.
2. Caranya masuk pengaturan/setting. Trus pilih selengkapnya/more.
3. Abis itu pilih jaringan seluler/mobile network.
4. Pilih jenis jaringan yang dipilih/preferred network type. Pilih 3G. Bisa nggak? Nggak bisa? Kekunci di 2G? Panik aja ente... Ayo paniiiikk...
5. Tenang. Pilih Dual SIM Card Settings.
6. Ganti jaringan layanan data/data service network dengan SIM card satunya (yang nggak dipake internet). Abis itu tunggu bentar sampe muncul tanda sinyal H. Ane nggak mau ngelucu ini...
7. Trus ente balikin itu tadi jaringan layanan datanya ke SIM yang biasanya dipake internet. Tunggu bentar, ntar pasti muncul tanda H.
8. Jangan lupa selalu ucapkan Alhamdulillah kalo berhasil.

Ane berhasil pake cara ini gan. Kalo ente nggak berhasil, mungkin faktor muka... :v
Biasanya ini terjadi setelah ente update ke Kitkat. Ane juga gitu, temen ane juga gitu. Ente mungkin juga gitu...
Kalo ternyata emang masih E, mungkin itu karena kartu ente belum mendukung HSDPA (apa iya ada?) atau lokasi ente yang emang sinyal HSDPA-nya kurang bagus.

Liat gan, jaringan ane jadi HSDPA lagi kan...


Sekian.


Tidak melayani konsultasi keluarga. Terimakasih.

2 komentar :

kren gan (y)
Kunjungan dari www.irsan-alihsan.blogspot.com gan....
Makasih atas knjungannya gan... :)

Posting Komentar

Cancel Reply