Perilaku dan Keinginan Aneh Pengguna Android

Beberapa waktu, akhir-akhir ini saya sering buka-buka grup android zenfone 4. Niatnya sih biar dapet hal baru, kali aja ada sesuatu yang belum saya tau disana. Alih-alih nyari kayak gitu, nggak taunya saya malah sering menjumpai tingkah-tingkah aneh penggunanya. Berikut tingkah-tingkah aneh itu.

1. Sering mengeluhkan baterai boros

Hello... Namanya juga android, ya pasti baterai cepat habis. Ditambah lagi kalo semua service dinyalain, sosmed macam whatsapp, blackberry messenger, yahoo messenger, line, dan semacamnya nyala. Belum lagi pake layanan widget weather, auto sync, wifi, wifi hotspot, location, bluetooth nyala semua. Tambah boros lagi. Apalagi pake live wallpaper. Duhh... Makin boros. Trus ditambah dipake nge-game. Brightness layar dimaksimalin pula.
Kalo Asus zenfone 4 sendiri, standar yang ditulis bisa standby selama 8 jam. Tapi ya makenya nggak gitu juga kan...

2. Banyak yang nanya cara melegakan RAM

Ini masalah kedua yang juga lucu. Kadang-kadang pengguna android nanya ke forum gimana cara melegakan RAM yang kelihatan nyesek. Misal dari total 1GB RAM (tapi yang kelihatan nggak utuh 1GB), yang masih free sekitar 200an MB. Disitu kadang mereka bingung, resah, panik, dan tanpa pikir panjang langsung bikin postingan di grup "gimana cara melegakan RAM?" atau sejenisnya. Yang sedikit pinter langsung pake aplikasi 'pelega RAM'. Padahal guys, kalo mau tau, sebenernya android sendiri udah cerdas. Dia bisa melakukan manajemen RAM sendiri tanpa pamrih, tanpa diminta. Emm, gimana bilangnya ya, saya emang bukan orang IT, nggak konsen dengan hal-hal seperti ini, tapi saya punya perhatian ke arah sini. Jadi gini, android (linux) itu punya sistem yang bisa mengefisienkan kinerja android. Ketika dirasa kekurangan RAM, android akan mematikan servis yang tidak perlu menurut skala prioritasnya. Kemudian setelah itu servis akan dinyalakan kembali jika dirasa memang terdapat ruang dalam RAM. Selain itu android juga punya sistem autokill task sendiri untuk memanajemen penggunaan RAM agar efektif dan maksimal. Dan yang lebih mengejutkan lagi, ternyata android itu menganggap RAM sebagai resource yang harus digunakan, bahkan kalau bisa 100%.
Ini tentang efisiensi, sehingga daripada memanggil aplikasi yang masih 'tertidur', lebih baik memanggil aplikasi yang 'sudah bangun tapi nganggur' atau berjalan di background. Intinya, let android handle tasks itself.

3. Memakai aplikasi pihak ketiga untuk memaksimalkan kinerja

Ini juga lucu, seolah pihak ketiga lebih cerdas dari default android. Seolah yang menginstal lebih tau apa yang sedang dan akan dibutuhkan android. Padahal aslinya cuma ikut-ikutan. Lucunya lagi, banyak blog yang menyarankan pemakaian pihak ketiga yang biasanya digunakan untuk menghemat baterai, melegakan RAM, atau semacamnya. Padahal sebenarnya nggak perlu. Entah kenapa saya lebih suka jadi antithesis-nya daripada ikut-ikutan yang mainstrem begitu. Karena menurut saya, android itu udah cerdas, ibaratnya dia kayak staff ahli, jadi tinggal disuruh-suruh aja bisa, nggak perlu pake pembantu lagi. Sering orang pake, misalnya autotask killer buat matiin aplikasi yang nggak kepake atau melegakan RAM, padahal justru kalo dimatiin, nanti ketika dipanggil malah jadi lebih berat, kayak nyuruh orang bangun tidur buat bersihin rumah.

4. "Menguji" kekuatan smartphone

Ini yang saya jumpai paling nyeleneh di forum zenfone 4. Mengetes kekuatan layar zenfone dengan cara aneh, seperti mematikan puntung rokok dengan layarnya. Yah walaupun pake corning gorilla glass 3 sekalipun, tapi ngetes dengan cara begini itu benar-benar aneh dan kurang kerjaan. Mending kan beli asbak daripada pake smartphone. Selain itu, anehnya lagi, yang nyoba bukan cuma 1 orang, kan... aneh! Nggak puas kali ya kalo belum nyoba sendiri. Hmmm...

5. Estetika kurang
Ini yang kadang bikin saya geleng-geleng. Banyak pengguna android yang habis nge-root lalu merubah tampilan androidnya menjadi lebih aneh. Contoh mudahnya saja merubah font bawaan android menjadi font lebih aneh, entah model tulisan latin, tulisan kayak
Huruf india, tulisan model gothic, tulisan kyak font arab, cina, dan sebagainya. Pokoknya diliat bikin sakit mata...!
Belum lagi tata letak, background, dan icon pack yang nggak sinkron, jadi semakin semrawut diliatnya. Kenapa nggak milih yang simpel aja sih??

Dan masih banyak lagi keanehan-keanehan pengguna android yang belum saya tuliskan. Mungkin suatu hari akan saya update postingan ini... Jadi tunggu saja...

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply