Q & A Menjelang UN dan SNMPTN

Halo adek-adek imut manis yang mau masuk kuliah. Apa yang kalian rasain sekarang? Panik? Tegang? Khawatir? Cemas? Galau? Bahagia? Senang? Atau biasa-biasa aja? Semoga apapun keadaannya nggak bikin kalian tertekan terus sakit ya, kan UN aja belom, wkwk.

Aku saat ini tercatat sebagai mahasiswa fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Solo. Dan aku tau pasti banyak dari kalian yang sekarang kelas 12 sedang mengalami masa-masa berat dalam hidup kalian menjelang ujian nasional dan ujian masuk perkuliahan ini (sejujurnya aku juga lagi mengalami masa-masa berat dalam perkuliahan :"). Tumben loh aku nulis buat adek-adek SMA, biasanya nggak pernah, jadi berbahagialah, hahahahahaha...

Sebelum aku kasih sesuatu, aku mau cerita sedikit tentang bagaimana kisahku memasuki jurusan yang passing gradenya tinggi, ratingnya A, dan aku bukan manusia jenius yang bisa dapet nobel di usia 12 taun. Kalo dikatakan, aku masuk jurusan Teknik Sipil itu merupakan sebuah keberuntungan. Kenapa? Ya karena persiapannya nggak maksimal. Dan jujur, aku nggak tau teknik sipil itu ngapain waktu itu, kirain jurusan yang ngurusin tentang hubungannya sama warga sipil, eh nggak taunya diajarin bangun-bangun gedung.

Ketika SMA, aku bukanlah seorang yang sering merencanakan perjalanan hidup saya. Bahkan sampai kelas 12, hampir di ujung-ujung masa sekolah dan menjelang UN, aku masih belum bulat keputusannya mau kuliah kemana jurusan apa. Bahkan ketika bayar biaya ujian Rp 150.000,- di bank dan diminta ngisi 2 pilihan jurusan, aku sempet ngisi ngawur pilihan kedua. Waktu itu karena bingung aku isi jurusan yang aku ada minat kesana tapi nggak dibolehin sama ibu, yaitu pendidikan biologi. Kenapa? Karena kata ibu kalo nanti jadi guru jam ngajarnya dikit. Ah, whatever... Dan tau nggak, beberapa hari sebelum hari H ujian, kita dikasih kesempatan buat ngecek dimana tempat duduk, ruangan, dan lokasi yang dipakai ujian masing-masing. Nah pas ngecek tempat ujian aja aku sempet salah masuk sekolah, bayangin! Kan sekolahnya sebelahan ya, satu yayasan, yang sebelah untuk SMP, yang satunya SMA. nah aku ujian di gedung SMP-nya, eh malah masuknya ke gedung SMA. Pantes dicari-cari nomerku nggak ketemu-ketemu. Jadi, aku memulai fase kehidupan perkuliahan dengan kekonyolan.

Sekarang tanya jawab.

Q: Mas, kamu udah nikah?
A: Belum

Q: Kalo pacar punya?
A: NGGAK

Q: Kalo gebetan?
A: ADA. IH BERISIK LU!

Q: Udah makan?
A: -_-

Q: Mas, kenapa dulu milih teknik sipil?
A: Ceritanya dulu aku bingung mau ambil jurusan apa. Awalnya dulu pengen masuk K3 karena kata guruku gajinya gede (materialis banget ya...). Tapi nggak jadi. terus pengen ke pertambangan, mau daftar di UPN, nggak jadi. Kata ibu karena kampusnya swasta, jadi pasti mahal. Terus mau biologi, nggak dibolehin ibu, alasannya nanti nggak tau mau kerja apa. Mau ambil pendidikan biologi, alasannya jam ngajarnya dikit. Bingung kan? Mau ini itu akhirnya nggak boleh. Terus temenku nawarin Desain Komunikasi Visual (DKV), aku malah nolak, karena bayar ujiannya dobel, jadi Rp 300.000,- , wkwkwk. Terus temenku lainnya ngajak masuk Teknik Sipil. Nggak tau apaan awalnya. Tapi katanya bagus. Terus sama guruku disaranin kenapa nggak sekalian Arsitektur. Kenapa ya dulu aku nggak mau? Sedih rasanya. Padahal Arsitektur juga keren. Akhirnya milih Teknik Sipil. Jadi kalo disimpulin kenapa aku masuk Teknik Sipil, karena aku "dihasut" temenku.

Q: Teknik Sipil susah nggak?
A: Susahlah. Masuknya susah (karena saingannya banyak, passing gradenya tinggi), keluarnya juga kadang susah (karena kalo tugas besar belom kelar semua belom bisa lulus walaupun udah skripsi bab 4 selese, belom kalo masih pake ngulang-ngulang mata kuliah). Tapi biasanya semua itu akan terbayar dengan kesuksesan setelah lulus. Kalo di meme-meme, anak teknik reuni bawanya mobil semua, ya bisa jadi. Karena sesungguhnya kerja di dunia teknik itu peluangnya gede. Apalagi kalo kamu punya spesialisasi, dicari ntar. Jadi, kalo ditanya susah apa nggak, ya sebenernya susah. Tapi susah itu jgua bisa jadi persepsi doank. Orang cerdas sesusah apapun akan bisa ngatasin masalahnya. Cerdas lho ya, bukan pinter. Cerdas itu bukan sekedar bagus nilai akademiknya, tapi lebih dari itu. Makanya jadilah orang cerdas, jangan cuma pinter. Cerdas dalam mengelola masalah dan menyelesaikannya. Susah nggaknya tergantung persepsi dan cara kamu menyelesaikannya. Jadi, Teknik Sipil susah apa nggak? Susaaaaaaah >.<

Q: Kuliah itu ngapain?
A: Ya belajar, masa mancing.

Q: Dosennya galak-galak?
A: Macem-macem. Eh kenapa tiba-tiba langsung nanyain dosen sih? Yaudah sih nggakpapa. Dosennya macem-macem. Ada yang galak, ada yang baik, ada yang udah kayak nenek sendiri, ada yang bikin segan, ada yang bisa diajak bercanda. Ya kayak tetangga-tetangga kamu gitu. Pernah nih ada pengalaman, aku nggak ikut ujian tengah semester, terus abis itu nanya ke dosen masih bisa ikut ujian susulan nggak. Eh aku nanya baik-baik dosennya malah marah-marah sama aku. Pake nunjukin daftar nilainya segala. Dih. Cuma aku pelototin aja dosennya pas marah-marah. Iya serius, aku waktu itu nggak takut, malah aku tatap matanya waktu beliau marah.

Q: Mas, gimana dulu cara belajarnya pas menghadapi UN?
A: Emmm... caranya, ya belajar, baca, ngerjain soal, diskusi sama temen, ya gitu, ya mau gimana lagi kan? Buku di blender dijadiin jus terus diminum juga nggak bikin pinter soalnya. Dulu sebelum UN aku sering malem-malem kalo nggak ke sekolah ya ke wisma (kan sekolahku ada wisma buat siswa yang rumahnya luar kota, mirip kayak pesantren-pesantren gitu tapi bukan pesantren). Ngapain? Ya belajar. Aku bawa LKS sekalian buku-buku yang dirasa perlu. Nggak pernah bawa komik. Di sekolah biasanya ngerjain sama temen wisma soal-soal yang belom dikerjain. Nah enaknya belajar kelompok itu kalo kita nggak tau bisa diskusi. Selama beberapa lama aku melakukan itu. Sampai aku juga tidur di sekolah. Jadi sebenernya nggak ada cara yang istimewa dalam belajarku. Aku cuma belajar seperti kebanyakan siswa SMA lainnya. Tapi mungkin memang aku sedikit punya perhatian lebih kepada beberapa mata pelajaran, seperti biologi dan kimia karena lumayan suka, jadi karena udah suka, ngejalaninnya lebih gampang. Bahkan LKS kimia adalah LKS pertama yang aku selesaikan semua soal-soalnya. Dan bahasa Indonesia adalah satu-satunya LKS yang nggak pernah selesai. Oiya, untuk lebih memudahkan belajar, bisa juga pake cara-cara mengingat yang "bodoh" tapi ngena, jembatan keledai maksudnya. Itu akan sangat membantu. Kalo kamu orang visual, bisa dengan membuat diagram atau pola atau alur berfikir yang bisa membantumu mengingat. Jangan dikira matematika nggak ada mengingatnya ya, lha rumus-rumus itu apa nggak harus diinget? Cari cara termudah yang bisa otakmu fahami untuk mengingat dan memahami materi. Tanya ke guru kalo nggak tau. Deketin guru, kalo perlu minta diprivat mata pelajaran yang nggak ngerti, minta diajarin sampe paham. Daripada nyesel nantinya, mending lakuin semua cara yang bisa agar kamu mengerti. Minta diajarin temen materi yang susah dimengerti. Minta ajarin meski kamu harus korbankan duit untuk nraktir dia makan. Satu hal yang perlu diinget, nggak ada hal yang instan di dunia ini. Mie instan aja butuh direbus 3 menit dulu. Kalo mau mendapatkan sesuatu, ya harus usaha. Sebesar apa usahamu, sebesar itu pula apa yang akan kamu dapet. Jadi jangan patah semangat!

Q: Mas, kamu ganteng...
A: Iya makasih.

Q: Terus mas, gimana cara belajar buat ujian masuk kuliahnya?
A: Jamanku dulu namanya SNMPTN. Ujiannya ya nggak jauh bedalah sama yang sekarang. Dulu, kita (aku sama temen-temen) mempersiapkan ujian SNMPTN itu cuma sebulan sebelumnya. Sebelum UN fokusnya ya ke UN. Baru setelah UN selesai fokus ke SNMPTN. Dulu aku nggak ikut bimbel keluar kayak di Ganes*a, Neutr*n, dll. Aku cuma mengandalkan fasilitas yang diberikan sekolah, bimbingan belajar murah seharga Rp 100.000,- untuk persiapan SNMPTN. Seriusan. Bahkan di hari pertama masuk kelas, aku sempet maen air (renang) sama temen-temen sebelum masuk. Dan kurasa pembelajarannya juga nggak maksimal. Tapi luar biasanya justru dari pembelajaran sederhana itu malah bisa mengantarkan kami satu persatu ke kampus yang dituju. Ada yang keterima di Hubungan Internasional Universitas Brawijaya, ada yang keterima di Hukum UGM, ada yang keterima di Telkom, ada yang keterima di Teknik Sipil UNS (aku), ada yang keterima di Hubungan Internasional UNS, ada yang keterima di jurusan pendidikan Bahasa Inggris UNS (jurusan pendidikan bahasa paling bergengsi di kampusnya), dan lain-lainnya. Jadi sebenernya bukan bimbel dimana kamu, tapi seberapa berkualitas pembelajaran kamu, usaha kamu, apapun yang kamu curahkan untuk mencapai tujuanmu. Karena yang menentukan keberhasilannya juga dirimu sendiri, bukan dari tempat bimbelmu.

Q: Terus gimana perasaan mas waktu lolos seleksi?
A: "Ha?" Itu kata pertama yang aku ucapkan waktu tau aku lolos. Ya berasa nggak percaya aja, berasa lagi mimpi. Apaan sih? Pikirku. Waktu itu malem-malem, aku sama ayahku, ibuku, nenekku, omku, lagi nonton sinetron di rumah nenekku (yaampun nggak banget, potret remaja menyedihkan), terus tiba-tiba dapet SMS dari wali kelasku, ngucapin selamat atas diterimanya diriku di Teknik Sipil UNS. He? Serius? Aku bengong waktu itu. Cuma bilang ke orang-orang rumah, "Kata guruku aku keterima di Teknik Sipil UNS". Udah gitu doank. Terus besok paginya baru aku baca koran. Baru hebohlah, terus nyari nama temen-temenku yang lain. Jadi responku telat semaleman, wkwk. tapi tetep aku bersyukur atas keterimanya diriku.

Q: Ada hal menarik nggak mas sebelum keterima di jurusan mas?
A: Ada. Jadi beberapa waktu sebelum pengumuman, namaku (atau nama bapakku) tembus di kuis TTS koran Solopos, wkwk. Dan tau nggak, hadiahnya adalah buku cara membangun rumah dari semen Gresik. Dari situ mungkin itu adalah petunjuk akan kemana arah jalanku nanti.

Q: Ada tips khusus nggak buat bisa lolos ujian?
A: Nggak ada. Eh ada deh. Jadi, ujian itu jangan dibayangin cuma pertarungan antara kamu dengan soal ujian. Jangan. Lebih dari itu, itu adalah pertarungan keyakinanmu. Apakah dengan menghadapi ujian kamu akan lupa dengan Yang Memberi Ujian, atau malah makin inget sama Dia. Karena sejatinya, dalam keberhasilan itu, ada porsi usaha kamu, tapi juga ada porsi kepasrahan atau tawakkal kamu kepadaNya. Jadi kalo dalam konsep Islam itu ada namanya usaha lalu tawakkal. Usaha dulu baru tawakkal. Tapi sebenernya, dalam usaha itu pun kamu bisa iringi dengan kepasrahan kepadaNya, tunduk taat. Karena toh ujian itu dariNya, jadi yang punya kunci jawaban ya Dia. Maka mendekatlah kepadaNya agar Dia memberikan kunci jawaban persoalan itu kepadamu. Dan konsep ini sebenernya nggak cuma untuk ujian kayak UN dan SNMPTN, tapi lebih luas lagi, ujian kehidupan. Jadi selain kamu belajar secara taktis, juga kamu harus punya keyakinan dan ketersambungan dengan Sang Pencipta, Allah, yang memberi segala ujian itu kepada kita.

Q: Mas, nggak tidur? Udah jam 23:36 loh...
A: Iya bentar.

Q: Mas, kapan nikah?
A: Kalo calonnya udah siap.





(Akan diupdate kalo ada yang nanya ke aku. Kalo ada yang mau ditanyakan lagi bisa komen di bawah atau kontak aku buat yang punya kontakku, wkwk...)

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply