Lawu keduaku

Sekitar seminggu-an lalu –atau mungkin lebih, aku dan tiga orang temanku pergi muncak ke Lawu. Sebenernya yang berangkat ada lima orang, dan berangkatnya rencananya sore, tapi ternyata ada halangan. Satu temenku ternyata besoknya ada ujian di kampus, dan malemnya aku dan satu temanku itu ada liqo’. Jadi, setelah melakukan debat dan diskusi lama, maka diputuskan tetep ikut liqo’ dan temenku itu –yang mau ujian gak jadi iku tmuncak. Jadi tinggallah empat orang termasuk aku yang muncak.
Tiga temenku udah berangkat duluan dan nunggu aku di warung mas aris di deket pos pendakian Lawu via Cemoro Kandang. Sementara aku liqo’ dan baru selesai pukul 22.00 WIB. Setelah itu aku langsung meluncur dianter temenku ke lokasi. Butuh waktu kira-kira dua jam sampe ke tempat temen-temenku dari Pajang, Solo. Jadi gak heran sampe sana udah tengah malem. Sepi. Dingin.
Sebelum sampe lokasi, ada kejadian menarik. Saat itu udah memasuki wilayah Tawangmangu. Entah kenapa temenku yang nganterin aku tiba-tiba jadi agak gak keliatan jelas jalannya –disamping emang gak ada penerangan yang memadai di pinggir jalan semacam lampu. Tau gak habis itu kenapa? Karena jadi kabur, waktu belok kanan temenku malah jalan agak lurus sehingga nabrak bagian kiri jalan dan motornya jadi nyungsep ke selokan. Sementara dia guling-guling di rerumputan. Tapi agak sial buatku, terlempar ke tengah jalan dan ndlasar. Alhasil, tangan kananku lecet-lecet, celanaku sobek dikit, juga jaketku ikut-ikutan. Sementara motor temenku paling parah, lampu depannya pecah, jadi gak bisa nyorot jalan lagi.
Setelah acara jatuh itu, kami tetep nekat melanjutkan perjalanan ke pos pendakian. Untuk itu, temenku lebih pelan dan hati-hat iwaktu mengendarai. Sementara untuk menyorot jalan, aku pake senterku yang nyalanya putih trus aku arahkan ke jalan di depannya. Tapi sialnya, gas motornya temenku itu gak beres, kadang bisa kadang enggak. Gasnya nyantol. Kadang tiba-tiba mati sendiri, jadi aku harus turun dan ndorong motornya, dan kadang itu terjadi pas di tanjakan.
Sekitar jam setengah satu-an, aku sampe. Dan ternyata aku dapet kabar temenku yang duluan itu juga tadi mengalami kecelakaan. Duh… Ban motor temenku pecah. Trus di belakangnya ada mobil, bis, berjejer. Alhasil, gara-gara itu, ada tubrukan beruntun, tapi untungnya enggak ada korban jiwa kok…
Setelah persiapan agak lama, sekitar jam satu kami berangkat dan menuju Jawa Timur ke pos pendakian Cemoro Sewu. Hehe, sebenernya juga cuma 5-10 menit dari Cemoro Kandang tempat kami ketemuan.
Setelah sampai, kami siap-siapdan langsung berangkat menuju puncak. Tentu itu setelah ijin dan ngasih absen sama penjaga di base camp yang terpaksa kami bangunin. Perjalanan pun kemudian dimulai. Jalan... Jalan... Dan jalan terus.

Kita sampe di jalan antara pos 2 dan pos 3 itu udah Shubuh, bayangin... Lama banget jalannya. Pake brenti-brenti juga sih. Habis itu sholat shubuh dulu di situ. Kebetulan pas itu sepi, jadi jarang ketemu orang di jalan. cuma ada 3 atau 4 kelompok pendaki.
 Sholat Shubuh. Aku yang pake jaket item :D

Selesai sholat jelas foto-foto dulu, namanya juga anak muda, hahahah... Setelah itu kami jalan lagi. Sebenernya sih di jalan gak ada hal-hal yang begitu wow... cuma hal biasa. Kecuali, kami sempet salip-menyalip sama kelompok dari Madiun kalo gak salah.
Sampe pos 3 kami istirahat sebentar dan bikin makanan. Cuma mie rebus, gak mewah kok... habis itu, aku tidur sebentar trus jalan lagi.
Sampe di antara pos 3 dan pos 4 aku mulai gak nyante. Udaranya lebih dingin, kabut mulai turun, dan saya mulai merasa gak ganteng, hahaha... Udah lama kalo itu... Oke, jadi waktu itu aku sempet ada pikiran pengen turun aja, soalnya kondisi gak aku suka, dih! Tapi temenku tetep nyuruh lanjut aja, ya udah...
Akhirnya sampe pos 4 juga. Disana istirahat lagi dan bikin makan siang. Gileee... pertama kali aku nge-sop sama temen-temen si gunung. Selain sop –yang menurutku aneh karena pake bumbu mie segala, kita juga goreng tempe dan nanak nasi. Saking terbatasnya alat, kami sampe goreng tempe di atas nesting. Tapi yang paling fantastis dari semua itu, akhirnya gak ada ang dimakan, kecuali tempe yang ternyata berasa agak pait! Ya Allah, tiwas aku nggowo berass....!! Dibuang semua itu... Gak ngehargai, hih!
 Masak

Akhirnya kami semua gak jadi makan siang. Kita juga tentu tak lupa sholat Dhuhur dan 'Ashar, di jama' qashar pula.
Sholat Dhuhur dan 'Ashar

Pukul 12.30 an hujan mulai turun dan kami tak mau tinggal disana selamanya. Makanya kami siap-siap buat melanjutkan perjalanan. Tau gak, pas itu udaranya dingin sampe-sampe dari mulut bisa keluar uap kayak di film-film korea itu... Wkwkwkwk..
Sampe pos 5. Kami kedinginan karena harus menembus hujan, jadi kami minta dibuatkan teh anget sama penjual warung di pos 5 –beli maksudnya. Eh gaktaunya, malah kita disuruh bikin sendiri. Eh, apaan itu... Ya udah gak jadi...!!
Kami lanjutkan lagi jalannya. Akhirnya karena tak punya pilihan, kami terpaksa naik lewat bukit yang jalannya udah berair dan agak licin kalo gak biasa jalan di tempat gituan. Nah, ini mulai deh... Gara-gara aku haus, sementara minumnya ada di tas carrier yang kupake. Dan tasnya di dalem jas hujan model baju yang aku pake, jadi otomatis susah buat ngeluarin, karena harus ngelepas jas hujan dulu, jadilah aku minum air dari tetes hujan yang ada di ujung daun. Uh, enaknya... Serasa jadi mas Tyo di acara Survival Trans7 (dulu jejak petualang survival), hahaha...
Pukul 14.15 kira-kira, kita sampe puncak. Dan, cuaca cukup lembab karena lagi hujan.
Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl

Hmm......

Pose orang-orang capek...

Nemu jejak pendahulu juga, hehe...

Keadaan disana waktu itu

Setelah 15 menit-an foto-foto, kami turun. Singkat cerita, aku dan satu temenku turun pertama, mendahului mereka. Sementara dua sisanya masih terbelakang. Sampe bawah aku langsung lepas jas hujannya, trus ke kamar mandi ganti baju karena basah kena hujan. Setelah itu aku dan temenku itu sholat Maghrib dan Isya' sambil nunggu yang belum dateng.
Setelah swmua sholat, kami bersiap pulang. Aku pulang dengan hanya memakai kaos. Uih, di jalan dingin walaupun aku cuma mbonceng. Sampe di daerah sebelum Sukuh –kalo dari arah Solo, kami berhenti. Temenku ini udah ngantuk parah, jadi suruh nggantiin aku yang nyetir, padahal aku juga ngantuk waktu itu. Terpaksa deh aku melek-melekin. di depan aku menggigil kedinginan gara-gara aku pake jaket basah. Mau gimana lagi, aku gak pake juga dingin nantinya, ya udah aku pake aja. di jalan aku ngantuk-ngantukan. Sampe suatu saat pernah hampir nabrak gara-gara ketiduran pas nyetir... What?? Tapi beneran... Bahkan aku pas nyetir juga ngerasa kayak ber-halusinasi. Dan yang ngalamin halusinasi bukan cuma aku, tapi temen-temenku juga. Wiih... Ada apa ini...
Akhirnya sampe rumah dengan selamat...